Wednesday, April 24, 2013

ORGANISASI LINI & STAF

ORGANISASI LINI & STAF
Adalah bentuk organisasi dimana asas organisasi lini tetap dipertahankan dengan menambahkan unit staf yang bertugas memberi saran, bantuan dan layanan pada pimpinan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan
Tipe ini diciptakan H.Emerson
Unit staf dapat dibedakan menjadi;
Staf Ahli (Spesialist Staff)
Staf Penasehat (Advisory Staff)
Staf Pelayanan (Sevice Staff)
Staf Control (Controll Staff)
Staf Fungsionaln(fuctional Staff)
Personal Staff
Pembantu (Assistant To)
Staf Umum (General Staff)
KARAKTERISTIK ORGANISASI LINI dan STAF
Organisasinya besar dan karyawannya banyak
Pimpinan dan karyawan tidak semuanya saling mengenal
Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung
Kesatuan perintah tetap dipertahankan
Terdapat dua kelompok wewenang yaitu;
Wewenang lini
Wewenang staff
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN ORGANISASI LINE STAF
Kelebihan
Adanya pembagian tugas yang jelas antara pimpinan, staf, dan pelaksana
Fleksibel dapat diterapkan di semua organisasi
Pengambilan keputusan relatif mudah karena ada bantuan pemikiran dari staf
Potensi karyawan dapat dikembangkan, krn bekerja sesuai keahlia dan keterampilannya
Kelemahan
Kelompok pelaksana bisa bingung untuk membedakan perintah dan bantuan nasehat
Solidaritas para karyawan berkurang karena tidak saling mengenal
Persaingan kurang sehat kaena setiap unit menganggap tugasnyalah yang terpenting
Contoh :
Organisasi TNI AD

daftar pustaka :
 www.wikipedia.com
www.tniad.mil.id

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting