ORGANISASI LINI & STAF
Adalah bentuk organisasi dimana asas organisasi lini tetap dipertahankan dengan menambahkan unit staf yang bertugas memberi saran, bantuan dan layanan pada pimpinan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan
• Tipe ini diciptakan H.Emerson
• Unit staf dapat dibedakan menjadi;
• Staf Ahli (Spesialist Staff)
• Staf Penasehat (Advisory Staff)
• Staf Pelayanan (Sevice Staff)
• Staf Control (Controll Staff)
• Staf Fungsionaln(fuctional Staff)
• Personal Staff
• Pembantu (Assistant To)
• Staf Umum (General Staff)
KARAKTERISTIK ORGANISASI LINI dan STAF
• Organisasinya besar dan karyawannya banyak
• Pimpinan dan karyawan tidak semuanya saling mengenal
• Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung
• Kesatuan perintah tetap dipertahankan
• Terdapat dua kelompok wewenang yaitu;
• Wewenang lini
• Wewenang staff
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN ORGANISASI LINE STAF
Kelebihan
• Adanya pembagian tugas yang jelas antara pimpinan, staf, dan pelaksana
• Fleksibel dapat diterapkan di semua organisasi
• Pengambilan keputusan relatif mudah karena ada bantuan pemikiran dari staf
• Potensi karyawan dapat dikembangkan, krn bekerja sesuai keahlia dan keterampilannya
Kelemahan
• Kelompok pelaksana bisa bingung untuk membedakan perintah dan bantuan nasehat
• Solidaritas para karyawan berkurang karena tidak saling mengenal
• Persaingan kurang sehat kaena setiap unit menganggap tugasnyalah yang terpenting
Contoh :
Organisasi TNI AD
Wednesday, April 24, 2013
ORGANISASI LINI & STAF
6:47 AM
Unknown
daftar pustaka :
www.wikipedia.com
www.tniad.mil.id
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment