Perkembangan Pandangan Baru tentang Organisasi
I. Arti Pengembangan Organisasi
Pengembangan
Organisasi adalah program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian
dengan mengintegrasikan keinginan bersama akan pertumbuhan dan perkembangan
dengan tujuan keorganisasian. Pengembangan organisasi sebagai suatu disiplin
perubahan perencanaan yang menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan
praktek keperilakuan untuk membantu organisasi-organisasi mencapai efektivitas
yang lebih besar.
II. Sejarah Perkembangan Organisasi
Sejarah
Pengembangan Organisasi ditunjukkan oleh lima latar belakang :
a. Pelatihan laboratorium, adalah bagaimana setiap individu
bisa memahami arti dari organisasi.
b. Umpan balik survei, antara individu saling bekerja sama
c. Riset tindakan, menguji tindakan yang memungkinkan
terjadinya kesalahan.
d. Produktivitas dan kualitas kehidupan kerja, yaitu hasil
dari pencapain yang telah di uji sebelumnya,serta
e. Perubahan strategik.
Pertumbuhan yang
berkelanjutan di dalam sejumlah pendekatan Pengembangan Organisasi, praktisi,
dan keterlibatan organisasi membuktikan sehatnya suatu disiplin dan menawarkan
suatu prospek yang menguntungkan di waktu mendatang.
III. Karakteristik Pengembangan Organisasi
Karakteristik
organisasi adalah perilaku dan tingkah laku suatu badan / institusi terhadap
kondisi yang ada diluar institusi itu maupun didalam institusi itu sendiri,
artinya dalam dunia bisnisnya selalu fokus kepada pelanggannya yang bukan hanya
dari luar perusahaan itu tapi juga orang-orang di dalam perusahaan yang
merupakan aset perusahaan itu sendiri. Jadi semua mengarah kepada mutu yg
ditentukan oleh 2 hal seperti yg tertulis sebelumnya.
# Secara umum karakteristik pengembangan organisasi :
1) Keputusan yang penuh pertimbangan maksudnya adalah suatu
hasil yang diperoleh berdasarkan strategi
yang telah
direncanakan dalam rangka mewujudkan perubahan organisasional yang memiliki
sasaran jelas
berdasarkan
diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
2) Diterapkan pada semua sub-sistem manusia baik individu,
kelompok, dan organisasi maksudnya adalah
menerapkan
cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan
semua
satuan kerja dalam
organisasi.
3) Menerima intervensi baik dari luar maupun dalam
organisasi yang mempunyai kedudukan di luar
mekanisme
organisasi maksudnya adalah menerima segala bentuk campur tangan misalnya dalam
bentuk
pendapat, baik
dari anggota yang termasuk dalam sebuah organisasi atau berbagai pihak dari
luar
organisasi.
4) Kolaborasi maksudnya adalah kerjasama antara berbagai
pihak yang akan terkena dampak perubahan
yang akan terjadi.
5) Teori sebagai alat analisis maksudnya adalah menggunakan
pengertian yang disebutkan secara tertulis lalu
diterapkan sebagai
alat analisis untuk mendapatkan suatu hasil yang memuaskan dari suatu
pengembangan
organisasi.
6) Mengutamakan potensi manusia maksudnya adalah mengandung
nilai humanistik dimana pengembangan
potensi manusia
menjadi bagian terpenting.
7) Interaksi dan Interpendensi maksudnya adalah menggunakan
pendekatan komitmen sehingga selalu
memperhitungkan
pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan
kerja sebagai
bagian integral di
suasana yang utuh.
8) Pendekatan Ilmiah maksudnya adalah menggunakan pendekatan
ilmiah dalam upaya meningkatkan
efektivitas
organisasi.
IV. Organisasi Masa Depan
Setiap organisasi
pasti akan menghadapi persaingan yang semakin kompleks dan menantang, baik
persaingan aktual maupun potensial, yang aktual harus dihadapi dan yang
potensial perlu diantisipasi. Sebuah organisasi pada hakekatnya dibangun oleh
sekumpulan orang-orang dengan tujuan bersama, bukan tujuan yang sama.
Dalam organisasi
(baik organisasi perusahaan maupun nonperusahaan) yang dipentingkan ketika
pertama kali berdiri adalah arahannya. Mau kemana orang-orang yang di dalam
organisasi itu. Dengan kata lain apa tujuannya. Jika dalam horizon waktu yang
lebih lama, apa visinya. Jadi, bukan penekanan pada organisasi seperti apa yang
akan dibangun pertama kali.
Tren ke masa depan
di dalam pengelolaan organisasi salah satunya adalah adanya konsep Lean
organisasi. Jika memasuki era milenium banyak sekali konsep lean di dunia
manufaktur, maka sekarang sudah banyak juga yang membahas mengenai konsep lean
organization. Dasar filosofisnya hampir sama dengan lean manufacturing. Yakni
mengacu pada efisiensi dan efektivitas pengelolaan organisasian. Hemat dan
cermat. Katakanlah tingkat koordinasi dalam sebuah organisasi yang memerlukan
banyak middle management, maka jika sekiranya malah membebani informasi yang
akan disampaikan ke atas, posisi middle management dapat dihapus perlahan.
Konsep lain yang
menjadi ideologi organisasi di masa depan adalah organisasi virtual. Tantangan
dunia di masa depan mengarah ke hal tersebut. Yakni dunia maya yang penuh
komunitas industri (cyberspace industrial community). Virtual tidak sama dengan
fatamorgana. Jika virtual adalah sesuatu yang tidak berbentuk (Organisasi tidak
berbentuk / OTB) dan menghasilkan sebuah kegunaan. Sedangkan fatamorgana adalah
sesuatu yang tidak berbentuk tetapi tidak nyata. Salah satu contoh yang sudah
ada dalam konsep organisasi virtual adalah situs rajapresentasi dot kom. Situs
penyedia presentasi dari buku-buku referensi sesuai keinginan pelanggan. Di
situ hanya ada satu bagian saja yang merangkap sebagai pemasaran,
administrator, penerjemah, sekaligus direktur. Dan bisa dikatakan organisasi
raja presentasi tanpa kantor nyata. Sehingga virtual tetapi hasil nyatanya ada.
Apa yang akan
terjadi di masa yang lebih mendatang lagi, dengan berbagai macam teknologi
komunikasi dan informasi? Jawabannya adalah organisasi yang bersifat Plug and
play. Organisasi bisa mengarah kepada komunitas maya. Dan organisasi tersebut
bisa dibilang sangat ringan, sehingga ke depan, banyak organisasi induk yang
punya anak cabang bermacam-macam organisasi kecil yang menempel. Jika setelah selesai
fungsinya, organanisasi dapat bubar. Dan dalam waktu singkat pula dapat
mengumpul lagi untuk menjalankan sebuah fungsi. Lalu seperti apakah lagi contoh
konkretnya di masa mendatang? Kita tunggu jawabannya bersama.
# Membuat Daur Ulang Organisasi
Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan
organisasi saat ini sungguh pesat. Semakin banyak macam - macam organisasi, dan
juga cara berdiri serta struktur - struktur organisasi yang ada di dalam nya
pun berbeda - beda. Di dalam lingkup organisasi ada yang baik maupun buruk.
Untuk itu kita sebagai penerus bangsa, harus lah membangun organisasi dengan
cara - cara atau tata aturan yang baik dan benar.
Kita harus memiliki
pandangan ke yang luas, orientasi ke masa depan, dan juga sikap tanggung jawab.
disiplin akan pekerjaan dan juga disiplin akan diri sendiri juga harus kita
terapkan , agar kita bisa berperan dengan baik di dalam suatu organisasi.
Dan juga banyak
perilaku - perilaku yang harus kita hindarkan, supaya tercipta nya suatu
organisasi yang baik seperti :
- menurun nya produktivitas kerja, karna malas.
- muncul nya sikap egois dalam mengambil tindakan.
- tidak ada kerja sama yang baik.
- tidak ada komunikasi yang baik.
*Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://aluyah.blogspot.com/2012/04/23-pengertian-perkembangan-organisasi.html
http://nurrahmanarif.wordpress.com/2008/12/30/organisasi-masa-depan/
0 comments:
Post a Comment